BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berbicara tentang
materi PKn, sebenarnya bukanlah hal yang
asing . Makalah ini akan membahas konsep dasar
pengembangan materi
pembelajaran PKn. Ada dua konsep dasar pengembangan yang akan dibahas
dalam makalah ini, ialah pertama, asumsi dasar yang berkaitan dengan hal yang
melandasi pengembangan materi pembelajaran PKn serta beberapa macam pendekatan
yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran tersebut. Dan yang
kedua yaitu membahas pendekatan expanding community approach beserta contohnya.
Dua hal ini merupakan konsep dasar pengembangan materi
pembelajaran yang penting untuk dikuasai oleh guru maupun calon guru khususnya
dalam pembelajaran PKn karena merupakan salah satu kompetensi guru profesional,
yakni penguasaan bidang studi. Khusus
bagi calon guru dan guru
pemula PKn di SD diharapkan agar sedapat mungkin memperbanyak latihan dalam mengembangkan materi pembelajaran. Dengan memahami dan menguasai materi diharapkan
guru atau calon guru akan terbantu dan tidak mengalami kesulitan lagi dalam mengembangkan materi pembelajaran di kelas. Dengan
demikian, kemampuan dalam
membelajarkan PKn menjadi semakin kaya. Implikasi lebih lanjut, para siswa akan semakin menyenangi belajar PKn karena gurunya memiliki
kemampuan dalam memilih dan
mengembangkan pembelajaran yang menarik dan beragam sesuai dengan kebutuhan para siswa. Dengan kata lain, para siswa pun akan sangat
terbantu dalam proses belajarnya sehingga guru akan mendapat sambutan yang positif dari para peserta didik. Karena itu, diharapkan
kita dapat mebaca dan mengkaji isi makalah ini dengan seksama.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa asumsi dasar yang melandasi
perkembangan materi pembelajaran PKn?
2.
Apa yang dimaksud Pendekatan Expanding
Community Approach?
C. Tujuan
1.
Mengetahui asumsi dasar yang melandasi
perkembangan materi pembelajaran PKn.
2.
Mengetahui pengertian Pendekatan
Expanding Community Approach.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Asumsi
Dasar
Salah satu
asumsi dasar yang melandasi pengembangan materi pembelajaran ini yaitu bahwa
materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang terdapat dalam
kurikulum atau silabus masih merupakan bahan minimal yang harus dikembangkan
oleh guru. Pengembangan materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tingkat
pengembangan kognitif dan afektif siswa, maupun umur siswa. Disamping itu juga
harus mengacu pada tingkat kedalaman dan kelulusan materi.
Ada 3 (tiga)
macam pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar, yaitu :
1.
Pendekatan
Expanding Community Approach
2.
Pendekatan
Pembentukan Konsep
3.
Pendekatan
Spiral
B. Pendekatan
Expanding Community Approach
Expanding
Community Approach adalah suatu
pendekatan dalam pengembangan materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang
berorientasi pada tingkat keluasan materi dengan mengacu pada lingkungan
sekitar, yaitu dari lingkungan yang :
1.
Sempit
ke yang luas,
2.
Dari
tingkat diri sendiri kepada tingkat keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan
negara,
3.
Dari
materi yang sederhana kepada materi yang lebih komplek,
4.
Dari
materi yang kongkrit kepada materi yang lebih abstrak.
Contoh :
Pokok Bahasan
:
Persatuan
Pengembangan
materinya menjadi :
1.
Persatuan
di tingkat keluarga;
2.
Persatuan
di tingkat sekolah;
3.
Persatuan
di tingkat masyarakat;
4.
Persatuan
di tingkat Kabupaten; tingkat Nasional dan sebagainya.
Pokok
bahasan : Kebersihan
Pengembangan
materinya menjadi :
1.
Kebersihan
pada diri sendiri;
2.
Kebersihan
di tingkat keluarga;
3.
Kebersihan
di tingkat sekolah;
4.
Kebersihan
di masyarakat
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Materi
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang terdapat dalam kurikulum
atau silabus masih merupakan bahan minimal yang harus dikembangkan oleh guru.
Pengembangan materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tingkat
pengembangan kognitif dan afektif siswa, maupun umur siswa.
Salah satu
pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar adalah Pendekatan Expanding
Community Approach yaitu suatu pendekatan dalam pengembangan materi Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) yang berorientasi pada tingkat keluasan materi dengan
mengacu pada lingkungan sekitar.
B.
Saran
Asumsi dasar dan pendekatan expanding community
approach merupakan konsep dasar pengembangan materi pembelajaran yang penting
untuk dikuasai oleh guru maupun calon guru khususnya dalam pembelajaran PKn
karena merupakan salah satu kompetensi guru profesional, yakni penguasaan
bidang studi. Karena itu, diharapkan kita dapat memahaminya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar