Minggu, 22 Juni 2014

Contoh Laporan Masalah Sampah

BAB I
PENDAHULUAN

      A.    LATAR BELAKANG
Salah  satu  faktor  yang  menyebabkan  rusaknya  lingkungan  hidup  yang  sampai  saat ini  masih  tetap  menjadi masalh besar  bagi  kita  adalah  faktor  pembuangan limbah  sampah.Salah satunya adalah sampah Kantong  plastik  telah  menjadi  sampah  yang  berbahaya  dan  sulit  dikelola.Contohnya saat kita habis jajan kita membuang sampah plastik di sembarang tempat.Sampah ini mengancam  hidup kita semua.Namun di dalam kenyataanya manusia tidak menyadari bahaya yang di timbulkan dari sampah itu sangaat berbahaya.Di dalam kantong plasatik mengandung bahan-bahan  kimia telah  dihasilkan  manusia.Banyak darinya yang tidak  berwarna,  berasa  dan  berbau,  namun  potensial menimbulkan  bahaya  kesehatan.Selain menghasilhan bahan kimia plasatik juga bisa menyebabkan banjir dan pemandangan yang tidak nyaman. Hal ini terlebih  dalam  kasus  sampah,  di  mana  gangguan  bau  yang  menusuk  dan  pemandangan yang sangat  tida menarik  perhatian kita.Selain itu sampah juga menimbulkan bau yang sangat mengganggu penciuman.


 B.     RUMUSAN  MASALAH
      Berdasarkan  latar  belakang  diatas,  maka  rumusan  masalahnya adalah sebagai berikut:
1)Apakah yang di maksud dengan  sampah?
2)Apa saja jenis-jenis sampah?
3)Bagaimana  dampak  sampah  bagi  kehidupan?
4) Bagaimana  cara  mengurangi  sampah?

      C.    TUJUAN DAN MANFAAT
1. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku bersih dan sehat di lingkungan keluarga.
2. Mengembangkan sikap mandiri, disiplin, kreatif dan melakukan hidup sehat.
3.Mengetahui bahaya sampah.

BAB II
PERUMUSAN MASALAH
     1.Pengertian  Sampah
Sampah  adalah  bahan  yang  tidak  mempunyai  nilai  atau  tidak  berharga  untuk maksud  biasa  atau  utama  pemakaian  barang  rusak,barang-barang yang tidak dipakai atau  materi  yang buangan.Sampah  adalah  suatu  bahan  yang  terbuang  atau  dibuang  dari  sumber  hasil  aktivitas  manusia baik itu barang yang sengaja di buang atau barang tidak sengaja.Sanpah ini dihasilkan oleh kegiatan industri,kegiatan rumah tangga maupun keperluan umum.

2.Jenis-jenis sampah
Sampah  padat  pada  umumnya  dapat  di  bagi  menjadi  dua  bagian:

a.Sampah  Organik
Sampah Organik  terdiri  dari  bahan-bahan penyusun  tumbuhan dan hewan yang diambil  dari  alam  atau  dihasilkan  dari  kegiatan  pertanian,  perikanan  atau  yang  lain.Sampah  ini dengan  mudah  diuraikan  dalam  proses  alami.Bahan  organik,  misalnya  sampah  dari  dapur,  sisa  tepung,  sayuran,dedaunan,kertas,koran.

b.Sampah  Anorganik
Sampah  Anorganik  berasal  dari  sumber  daya  alam  tak  terbarui  seperti  mineral  dan  minyak  bumi,  atau  dari  proses  industri.  Beberapa  dari  bahan  ini  tidak  terdapat  di  alam  seperti  plastik  dan  aluminium.  Sebagian  zat  anorganik  secara  keseluruhan  tidak  dapat diuraikan  oleh  alam,  sedang  sebagian  lainnya  hanya  dapat  diuraikan  dalam  waktu  yang  sangat  lama.  Sampah  jenis  ini  pada  tingkat  rumah  tangga,  misalnya  berupa  tas  plastik  dan  botol  kaleng.

3.Dampak  Sampah  bagi  Manusia  dan  lingkungan
Sampah mempunyai dampak yang sangat buruk bagi kesehatan manusia.Sampah sangat merugikan bagi lingkungan.Selain menimbulkan bau yang tidak sedap,sampah juga bisa menyebabkan berbagai kerugian yang dapat mengancam kesehatan manusia.
Beberapa dampak dari sampah bagi kesehatan manusia antara lain adalah sebagai berikut:
a).Dampak bagi kesehatan antara lain adalah timbulnya berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita.Penyakit yang dapat dihasilkan sampah antara lain adalah penyakit kolera,diare,dan penyakit lainnya.
b).Dampak bagi lingkungan antara lain adalah menimbulkan bau yang tidak sedap,menimbulkan bancana banjir dan pemandangan yang tidak enek.

4.Usah Pengendalian dan mengolah Sampah
Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh  perlu  dilakukan upaya pengolahan yang benar. Kerusakan  tanah dan air  permukaan  sekitar  akibat  air  sampah,  sudah  mencapai  tahap  yang  membahayakan  kesehatan
 masyarakat.Sampah ini bisa tempat bersarangnya nyamuk dan lalat yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat.Lalat yang hinggap di sampah kemudian membawah bakteri dan virus vang hinggap kembali di makanan yang dikonsumsi.Akibatnya terjadi diare.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelolah sampah adalah dengan cara daur ulang.Sampah ortganik seperti sisa sayur,dedaunan dan lainya dipisahkan dari sampah anorganik seperti plastic dan lainnya.Sampah yang dapat di daur ulang dipisahkan dari barang yang tidak bisa digunakan.Sampah juga bisa digunakan menjadi pupuk kompos maupun pupuk kandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut